Bali Mentargetkan Mengentas 18 ribu Pengangguran Pada 2012

By | July 22, 2012
Advertisements
Share

Pengangguran di Bali

Pemerintah Provinsi Bali menargetkan dapat mengentaskan 18 ribu pengangguran di Pulau Dewata pada 2012.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bali, I Wayan Wiratha, di Denpasar, Sabtu, mengatakan hingga Mei 2012 jumlah pengangguran di Pulau Dewata mencapai 48 ribu orang atau sekitar 2,11 persen dari jumlah angkatan kerja.

Ia mengatakan target pengentasan pengangguran pada tahun ini meningkat dibandingkan pada 2011 yang saat itu 15 ribu orang.

“Pada tahun lalu, Bali berhasil mencapai realisasi 17 ribu tenaga kerja kita yang telah ditempatkan pada berbagai perusahaan di dalam dan luar negeri,” ujarnya setelah membuka Bursa Lowongan Kerja (Job Fair) Provinsi Bali tahap kedua di Denpasar.

Wiratha menyadari jumlah 48 ribu tenaga kerja yang belum mendapat pekerjaan, membutuhkan upaya penanganan serius.

Pihaknya berharap dengan mempertemukan para pencari kerja dengan pengguna secara langsung melalui bursa lowongan kerja, maka pengangguran segera dapat dientaskan.

“Jika dilihat dari tingkat pendidikan pencari kerja yang mengikuti job fair rata-rata di atas SMA, itu sesungguhnya berarti tenaga kerja kita cukup intelek. Namun, memang yang sering menjadi persoalan belum nyambung kompetensi yang dimiliki dengan kebutuhan pasar kerja,” katanya.

Ia menambahkan, guna lebih menyinkronkan kebutuhan pasar kerja, pihaknya juga telah mencoba melaksanakan berbagai bentuk pelatihan.

“Tahun ini kami pun memfasilitasi sebanyak 18 pelatihan kejuruan yang disesuaikan dengan pasar kerja,” kata Wiratha. Sumber:Antara

Share
Advertisements