Formasi CPNS 2011 Masih Menunggu Keputusan Banggar DPR

By | June 25, 2011
Advertisements
Share

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) saat ini masih membahas formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2011 yang diajukan oleh sejumlah kota/kabupaten maupun provinsi.

Demikian dikatakan Deputi SDM bidang Apartur KemenPAN-RB, Ramli Naibaho, saat jumpa pers di kantornya, Jumat (24/6). ‘’Kemarin kami sudah bahas (formasi penerimaan CPNS),” katanya.

Menurut dia, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari Badan Anggaran (Banggar) DPR mengenai jumlah CPNS yang akan diterima. Jika sudah ada keputusan, pihaknya segera menentukan formasi CPNS pada penerimaan tahun ini. “Kalau dari Badan Anggaran DPR sudah memberi green light (keputusan) jumlahnya sekian, baru kita bergerak,” jelas Ramli.

Dia mengatakan, selain menunggu keputusan dari Badan Anggaran, pihaknya juga sedang menunggu Peraturan Pemerintah (PP) tentang Tenaga Kerja Honorer. Setelah keluar PP ini, KemenPAN-RB bisa mengetahui jumlah tenaga honorer se-Indonesia.

“Formasi penerimaan CPNS nanti, satu per tiganya akan dialokasikan untuk tenaga kerja honorer kategori dua. Kebijakan ini akan diselesaikan dalam 2 tahun melihat dari formasi nasional,” ungkapnya.

Ramli menjelaskan, jika rata-rata formasi CPNS nasional 300 ribu sampai 350 ribu, maka KemenPAN-RB akan memperjuangkan 100 ribu CPNS untuk tenaga kerja honorer. “Tapi (formasi) itu tetap menunggu bagaimana Badan Anggaran memutuskan,” tegasnya.

Ramli menambahkan, daerah sudah mengusulkan quota untuk penerimaan CPNS tahun 2011. “Kalau daerah-daerah sudah mengusulkan,” katanya.

Sebelumnya Kepala Biro Hukum dan Humas KemenPAN-RB, Gatot Sugiarto mengatakan, deadline bagi daerah untuk mengusulkan quota CPNS sebenarnya adalah akhir bulan Februari. Namun banyak daerah yang terlambat mengusulkannya. “Untuk yang terlambat biasanya kita berikan waktu. Terlambat mungkin karena masalah teknis. Tapi sekarang semua daerah sudah mengusulkan,” katanya.

Gatot mengatakan formasi CPNS tahun 2011 tergantung dari ketersediaan keuangan negara. “Nanti dari Kementerian Keuangan akan memberikan informasi dan memberikan penetapan jumlah formasi untuk pegawai tahun 2011 yang harus diterima,” jelas Gatot. (cdr/wmc/jpnn)

Share
Advertisements