Info Beasiswa Aktifis dari Dompet Dhuafa 2012

By | January 19, 2012
Advertisements
Share

Yang merasa aktifis dan perlu dana tambahan buat kuliah, please read…….

Sudah menjadi pemahaman bersama bahwa pendidikan adalah kunci untuk bangkit bagi sebuah bangsa dan salah satu elemen kebangkitan yang sangat berperan adalah para pemudanya. Karenanya pendidikan pemuda dan mahasiswa harus memperoleh perhatian khusus untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa. Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa yang berkhidmat pada peningkatan kualitas manusia melalui pendidikan. Berbagai pengalaman dalam mengelola beasiswa investasi SDM plus pemberdayaan, mengantarkannya untuk juga memperhatikan para aktivis mahasiswa yang penuh dengan semangat, idealisme dan potensi untuk perbaikan suatu bangsa.

Padatnya aktivitas akademis dan non akademis, ditambah dengan rongrongan untuk lebih realistis, membuat aktivis cenderung untuk tidak seimbang dan tergadai idealismenya. Padahal idealisme itulah yang membuat mereka terus berjuang, berkontribusi dan menebar kebermafaatan. Bangsa ini ke depan butuh pemimpin yang berani, cerdas, aktif dan punya integritas untuk melayani masyarakat, dan para aktivis mahasiswa memiliki semua modalnya tinggal bagaimana sistem dapat mendukungnya. Beasiswa etos aktivis ini pun lahir untuk melahirkan pemimpin masa depan yang peduli terhadap permasalahan masyarakat dan terus berupaya untuk berkontribusi menjadi solusi bagi kompleksnya problematika bangsa.

Ketentuan Umum

  1. Mahasiswa/i muslim aktif program sarjana (S-1) minimal semester 5 di Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Sriwijaya (UNSRI)
  2. IPK minimal 2.75
  3. Aktif sebagai relawan atau penggiat di organisasi/ lembaga yang bergerak di bidang pendidikan, kemahasiswaan atau sosial kemasyarakatan sekurang – kurangnya 1 (satu) tahun
  4. Mengisi formulir pendaftaran beasiswa aktivis (Unduh disini: Unduh Formulir Pendaftaran)

Ketentuan Khusus

  1. Melampirkan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa/Kartu Tanda Penduduk
  2. Melampirkan transkrip nilai akademik sampai dengan semester terakhir
  3. Menyertakan CV yang juga memuat daftar riwayat aktivitas
  4. Menyertakan pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar
  5. Melampirkan surat keterangan dari organisasi/lembaga yang diikuti
  6. Menulis proposal hidup (berisi rencana studi, Aktivitas, dan sebagainya) sekurang – kurangnya untuk lima tahun ke depan
  7. Menulis esai bertema “Peran dan Tanggung Jawab Sosial Mahasiswa”. Format penulisan : Font Calibri 12, spasi 1.5, margin A-B-Ki-Ka 3-3-4-3, kertas A4 maksimal 8 halaman.
  8. Menyertakan surat referensi dari dua orang tokoh kampus/dosen/organisasi/kemasyarakatan (format unduh disini : Unduh Surat Rekomendasi)

Tahapan dan Waktu Seleksi

  1. Tahap 1 : Seleksi berkas (Terpusat : 2-31 Januari 2012)
  2. Tahap 2 : Seleksi FGD, Presentasi dan Wawancara di kampus masing-masing (7-21 Februari 2012)
  3. Pengumuman Hasil Akhir ( 6 Maret 2012)

Bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan dan berminat untuk mengikuti program beasiswa ini dapat mengirimkan permohonan kepada :

Panitia Seleksi BAKTI NUSA Dompet Dhuafa
Jl. Raya Parung – Bogor, Km. 42, Desa Jampang, Kec. Kemang
Kab. Bogor, Jawa Barat 16310
Telp. (0251) 861-0817/ 861-0818
Fax: (0251) 861-5016
Email: lpi@lpi-dd.net

Permohonan beasiswa diterima paling lambat 31 Januari 2012 (stempel pos). Keputusan akhir penerima beasiswa ditetapkan dan diumumkan melalui website www.etos.or.id dan email pendaftar.

Share
Advertisements