Info CPNS 2010 Kota Pekanbaru Mendapat Jatah 184 dan Didominasi Tenaga Pendidik

By | July 29, 2010
Advertisements
Share

Sempat tertunda beberapa waktu, akhirnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pekanbaru mendapat kepastian dari pemerintah pusat untuk jumlah formasi CPNS 2010.

Dari hasil pertemuan dengan Kementerian Aparatur Negara, Badan Kepegawaian Negara dan Badan Kepegawaian Daerah regional 7 dan 12, diperoleh informasi bahwa kuota CPNS 2010 untuk Kota Pekanbaru sebanyak 184.

‘’Ya memang benar kita baru melakukan pertemuan bersama dengan pemerintah pusat. Substansi pertemuan tersebut pada dasarnya membahas tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS. Namun juga diperoleh informasi bahwa kuota CPNS untuk tahun 2010 ini sebanyak 184 formasi,’’ ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pekanbaru Hermanius kepada Riau Pos, Rabu (28/7).

Dari 184 formasi tersebut lebih didominasi oleh tenaga pendidik. Di mana jika dirincikan formasi CPNS 2010 terdiri dari, 81 untuk tenaga pendidik, 54 tenaga kesehatan, dan 49 tenaga teknis. Namun BKD belum bisa memberikan gambaran pasti untuk spesifikasi bidang teknis yang diperlukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

‘’Dari kuota yang kita miliki, kita akan membahas lebih lanjut dengan melibatkan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemko Pekanbaru. Pada pertemuan tersebut akan kita paparkan secara transparan kuota yang diberikan pemerintah pusat. Sehingga dapat ditentukan skala prioritas dalam penerimaan CPNS 2010 mendatang,’’ jelasnya.

Saat dikonfirmas mengenai nominal kuota yang dinilai menurun dari tahun sebelumnya, dia mengatakan memang terjadi sedikit penurunan mencapai 40

persen. Di mana pada tahun 2009 jumlah formasi yang diterima sebanyak 340 untuk tenaga umum. Kendati demikian, Pemko Pekanbaru menilai, angka tersebut sudah cukup mewakili dari keperluan CPNS di lingkungan Pemko Pekanbaru. Sebab salah satu indikasi perekrutan pegawai adalah adanya pegawai yang pensiun, pindah atau meninggal dunia.

‘’Jumlah pegawai yang pensiunan sekitar 170-an. Itu dapat tertutupi dengan kuota yang kita terima saat ini,’’ tambahnya.

Lebih jauh saat ditanya mengenai waktu penerimaan dan persyaratan yang harus dilengkapi, Hermanius mengatakan poin tersebut belum bisa dipastikan. Sebab saat ini pihaknya masih menunggu informasi dari pemerintah pusat. ‘’Kita tunggu saja. Dalam waktu dekat ini, informasi tentang penerimaan CPNS akan dapat diketahui oleh masyarakat,’’ tambahnya.(yls) . Ref : riaupos

Share
Advertisements