Info CPNS 2010 Pemkot Surabaya, Jatah CPNS Minim, Pemkot Protes Menpan

By | August 21, 2010
Advertisements
Share

Minimnya jatah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)yang diberikan membuat Pemerintah kota Surabaya berencana melayangkan protes kepada menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi.

Hal ini disampaikan oleh Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) kota Surabaya Yayuk Eko Agustin.

Kepada wartawan Yayuk mengatakan bahwa berdasar surat pemberitahuan, Pemkot Surabaya hanya diberikan jatah kuota CPNS sebanyak 233 orang. Jatah tersebut terbagi menjadi 105 untuk tenaga guru, 58 tenaga teknis serta 70 tenaga kesehatan.

“Jumlah ini sangat kurang dari apa yang kita butuhkan disini,” ujar Yayuk, Jumat (20/08/2010).

Lebih lanjut, Yayuk menerangkan, bahwa hampir setiap tahun kebutuhan tenaga baru di Surabaya mencapai 800 orang. Hal itu berdasarkan jumlah PNS yang memasuki batas usia pensiun setiap tahunnya.

Pemberian kuota oleh pusat tersebut tidak sebanding dengan kebutuhan tenaga di lingkungan Pemkot Surabaya.

“Kebutuhan kita jika berpatokan dengan angka pensiun sangat tinggi,” imbuhnya.

Yayuk menjelaskan, bahwa sebelumnya Pemkot Surabaya telah mengajukan permintaan 2000 lebih tenaga baru. Angka ini tentu sangat minim dengan perolehan kuota yang diberikan pusat.

Dalam waktu dekat, rencananya Pemkot Surabaya akan mendatangi Menpan untuk meminta tambahan tenaga baru. menurut Yayuk, meski penambahan tidak sesuai dengan yang diminta Pemkot, yakni 2000 tenaga, minimal sebanding dengan angka pensiun.

Yayuk menjelaskan, kebutuhan vital untuk tenaga pegawai di Surabaya saat ini ada pada guru Sekolah Dasar (SD) dan tenaga Tata Usaha (TU) di SMP, SMA dan SMK.

Untuk guru SD misalnya, kebutuhan masih mencapai 1300 orang. Sedangkan untuk TU mencapai 105 orang.

“Saat ini banyak sekolah yang belum punya tenaga TU. Khususnya yang memiliki kemampuan di bidang akuntansi. Padahal ini penting sekali untuk menangani program anggaran pendidikan yang begitu besar,” pungkas Yayuk.[rif/ted] ref : beritajatim

Share
Advertisements