Lowongan PNPM Mandiri Perdesaan Kep. Riau

By | October 7, 2013
Advertisements
Share

Lowongan Fasilitator PNPM Mandiri Kep Riau – Jarno.web.id – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM Mandiri Perdesaan atau PNPM-Perdesaan atau Rural PNPM) merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat  yang mendukung PNPM Mandiri yang wilayah kerja dan target sasarannya adalah masyarakat perdesaan. PNPM Mandiri Perdesaan mengadopsi sepenuhnya mekanisme dan prosedur Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang telah dilaksanakan sejak 1998-2007.

Program pemberdayaan masyarakat ini dapat dikatakan sebagai program pemberdayaan masyarakat terbesar di tanah air, bahkan terbesar di dunia. Dalam pelaksanaannya, program ini memprioritaskan kegiatan bidang infrastruktur desa, pengelolaan dana bergulir bagi kelompok perempuan, kegiatan pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat  di wilayah perdesaan. Program ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu :  a) Dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat)  untuk kegiatan pembangunan, b) Dana Operasional Kegiatan (DOK) untuk kegiatan perencanaan pembangunan partisipatif dan kegiatan pelatihan masyarakat (capacity building),  dan c) pendampingan masyarakat yang dilakukan oleh para fasilitator pemberdayaan, fasilitator teknik dan fasilitator keuangan.

Dalam PNPM Mandiri Perdesaan, seluruh anggota masyarakat didorong untuk terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara partisipatif, mulai dari proses perencanaan, pengambilan keputusan dalam penggunaan dan pengelolaan dana sesuai kebutuhan paling prioritas di desanya, sampai pada pelaksanaan kegiatan dan pelestariannya.

Pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan berada di bawah binaan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Departemen/Kementrian Dalam Negeri. Program ini didukung dengan pembiayaan yang bersumber dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), apartisipasi dari CSR (Corporante Social Responcibility) dan dari dana hibah serta pinjaman dari sejumlah lembaga dan negara pemberi bantuan dibawah koordinasi Bank Dunia.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Propinsi Kepulauan Riau membutuhkan Sarjana untuk menjadi Fasilitator / Pendamping masyarakat yaitu :

  1. Fasilitator Kecamatan Teknik (FKT) Kuota 8 Orang
  2. Asisiten Fasilitator Kecamatan Teknik (Ass. FKT) Kuota 7 Orang

Persyaratan:

  • Pendidikan S1 Teknik Sipil dengan pengalaman kerja yang relevan dengan Program/Proyek pembangunan infrastruktur dan D-III Teknik Sipil dengan pengelaman kerja relevan dengan program/proyek infrastruktur minimal 3 tahun.
  • Diutamakan memiliki pengalaman organisasi dan pernah aktif di kegiatan Pemberdayaan Masyarakat, pekerjaan sosial maupun kegiatan pendampingan masyarakat laiinya.
  • Mengenal Budaya dan adat istiadat lokasi tugas, diutamakan bisa berbahasa daerah tempat tugas
  • Mampu mengoperasikan computer
  • Sanggup bertempat tinggal di lokasi penugasan
  • Pada saat melakukan pendaftaran, usia maksimal 45 (empat puluh lima) tahun

Pengajuan Lamaran

Lamaran ditujukan kepada :

Satuan Kerja PNPM Mandiri Perdesaan Prov. Kepulauan Riau
D/a : Kantor Konsultan Manajemen PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Kepualauan Riau.
Jl. Raja Haji Fisabilillah No. 49, RT/RW 003/009 Kel. Sei. Jang Kecamatan Bukit Bestari Tanjungpinang, Kepulauan Riau KP. 29124
Telpon/Fax : 0771-7330567

Catatan

  • Lamaran dilengkapi CV, Fotocopy Ijazah, Transkip Nilai yang dilegalisir, Fotocopy KTP, Pas Poto ukuran 4×6 = 2 Lembar, alamat lengkap nomor telpon/HP yang mudah dihubungi.
  • Lamaran diterima paling lambat tanggal 19 Oktober 2013.
  • Lamaran bisa dikirim melaui Kantor Pos, diantar langsung atau via Email ke alamat : rmc2.pnpm.mpdkepri@gmail.com dan pnpm.mpdkepri.fasilitator@gmail.com
  • Sumber: Klik Disini

Info Lowongan PNPM Mandiri Perdesaan Kep. Riau persembahan dari Jarno.web.id. Semoga bermanfaat

Share
Advertisements