Siapa yang menjadi penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia saat ini?

Siapa yang menjadi penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia saat ini?

AirNav Indonesia merupakan tonggak sejarah dalam dunia penerbangan nasional bangsa Indonesia, karena AirNav Indonesia merupakan satu-satunya penyelenggara navigasi penerbangan di Indonesia.

Apakah AirNav termasuk BUMN?

AirNav Indonesia, atau Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tanggal 13 September 2012.

Apa itu pekerjaan AirNav?

AirNav Indonesia satu satunya perusahaan BUMN yang memiliki tugas sebagai penyedia pelayanan navigasi penerbangan nasional dan internasional. AirNav Indonesia mengambil peran aktif dalam penerbangan, bahkan menjadi salah satu pilar utama industri penerbangan.

PT Angkasa Pura bergerak di bidang apa?

PT Angkasa Pura Properti bergerak di bidang usaha pembangunan, perdagangan dan jasa khususnya real estate, pengembangan, jasa keagenan, distribusi dan bidang konstruksi serta bidang lainnya.

Berapa Flight Information Region FIR di Indonesia?

Ruang udara tersebut dibagi menjadi 2 Flight Information Region (FIR) yang dikelola oleh 2 pusat pelayanan lalu lintas udara, yaitu Jakarta Air Traffic Service Center untuk Jakarta FIR seluas 2,593,150 Km2 dan Makassar Air Traffic Service Center untuk Ujung Pandang FIR seluas 4,946,543 Km2.

Apa saja fasilitas navigasi penerbangan?

  • NDB. Non Directional Beacon (NDB) Merupakan salah satu fasilitas rambu udara radio yang paling sederhana dan menjadi persyaratan minimal yang diperlukan bagi suatu bandar udara.
  • DVOR. Doppler VHF Omni-Directional Range.
  • RADAR. Radio Detection And Ranging.

Berapa gaji Air Traffic Controller?

Berdasarkan konsiderasi Indonesian Air Traffic Controller Association (IATCA), Kisaran gaji yang diterima oleh ATC pemula atau yang disebut dengan fresh graduate bisa mencapai 15 juta rupiah. Jumlah tersebut tentunya akan naik mengikuti jam terbang dan keahlian orang tersebut.

Apakah yang dimaksud batasan daerah KKOP?

Berdasarkan Undang-Undang No. 1 Tahun 2009, Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan atau disingkat KKOP adalah wilayah daratan dan/atau perairan serta ruang udara di sekitar bandar udara yang digunakan untuk kegiatan operasi penerbangan dalam rangka menjamin keselamatan penerbangan.

Berapa gaji kerja di angkasa pura?

Rata-rata gaji bulanan dari PT Angkasa Pura II berkisar dari kira-kira Rp3.000.000 per bulan untuk Staf Security hingga Rp19.000.000 per bulan untuk Staf Administrasi Sales. Info gaji berasal dari 384 poin data yang dikumpulkan langsung dari karyawan, pengguna, dan lowongan di Indeed dalam kurun 36 bulan terakhir.

Apa itu APS bandara?

APS merupakan subsidiary Angkasa Pura Airports yang bergerak dibidang layanan property-maintenance yang komprehensif dan terpadu, serta layanan pendukung lainnya yang dibutuhkan dalam pengelolaan sebuah bandar udara dengan standar kualitas internasional.

Apakah Gapura Angkasa termasuk BUMN?

PT Gapura Angkasa adalah perusahaan patungan yang didirikan oleh tiga BUMN, yaitu PT Garuda Indonesia (Persero), Angkasa Pura Airports, dan PT Angkasa Pura II (Persero).

FIR terletak dimana?

FIR Adalah Dalam Kendali Singapura Sejak 1946

Kuasa Singapura atas sekitar 100 mil laut (1.825 km) wilayah udara yang melingkupi Kepulauan Riau, Tanjungpinang, Natuna, Serawak dan Semenanjung Malaka ini ditetapkan dalam pertemuan ICAO di Dublin, Irlandia, pada Maret 1946.

Referensi:

  1. https://airnavindonesia.co.id/sejarah-lppnpi
  2. https://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2016/PM_55_TAHUN_2016.pdf
  3. https://bumn.go.id/media/news/detail/tembus-1000-flight-rekor-traffic-harian-sejak-pandemi-melanda?lang=en
  4. https://www.bumn.info/info-bisnis/airnav-indonesia-kuatkan-navigasi-nasional-untuk-go-internasional-
  5. https://ap1.co.id/id/business/mitra
  6. https://airnavindonesia.co.id/air/space
  7. https://balaitekpen.dephub.go.id/lab/navigasi_penerbangan
  8. https://www.itda.ac.id/portal/blog/detail/555/begini-tanggung-jawab-hingga-besar-gaji-air-traffic-controller
  9. http://dishub.jabarprov.go.id/kkop/pengertian.php
  10. https://id.indeed.com/cmp/PT-Angkasa-Pura-II/salaries
  11. https://ap1.co.id/id/information/news/detail/angkasa-pura-airports-dan-aps-bersinergi-sukseskan-pelaksanaan-tes-pramusim-motogp-2022-di-mandalika
  12. https://ap1.co.id/id/information/news/detail/pt-gapura-angkasa
  13. https://news.detik.com/berita/d-5915308/fir-adalah-kependekan-flight-information-region-ini-maksud-dan-penjelasannya