Mesuji Mendapatkan Kuota 251 Formasi CPNS 2010

By | August 10, 2010
Advertisements
Share

Kuota formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Mesuji tahun 2010 turun drastis. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi hanya memberikan ’’jatah” 251 CPNSD untuk kabupaten baru ini. Jumlah itu turun 274 dibandingkan tahun 2009 yang mendapat kuota formasi umum sebanyak 525 CPNSD.

Realisasi kuota ini juga masih jauh dari usulan yang disampaikan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat. Beberapa waktu lalu, satuan kerja ini mengusulkan 1.406 CPNSD. ’’Memang benar, kuota CPNSD Mesuji tahun ini turun dibandingkan tahun 2009 lalu. Tetapi, kuota ini masih bersifat sementara karena besar kemungkinan bertambah lagi,” kata Hofzen Johan, kepala BKD Mesuji, kepada Radar Lampung kemarin.

Hofzen menjelaskan, penetapan kuota CPNSD Mesuji diberikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi saat acara sosialisasi tata cara pelaksanaan rekrutmen CPNSD formasi umum tahun 2010 di Bogor, Sabtu (31/7).

’’Rincian formasinya guru 113 orang, tenaga kesehatan 75, dan tenaga teknis 63. Ini masih bisa bertambah lagi. Untuk itu, kami akan memantau perkembangan di pusat,” terang mantan inspektur pembantu wilayah II Inspektorat Lampung Barat ini.

Meski begitu, lanjut Hofzen, pihaknya belum dapat memastikan pelaksanaan rekrutmen CPNSD 2010. ’’Belum ada kepastian sampai saat ini. Apakah bulan Oktober atau November, hal itu masih menunggu penetapan dari kementerian terkait,” ujarnya.

Diketahui, BKD Mesuji mengusulkan formasi 1.406 CPNSD. Jumlah itu terdiri tenaga guru 345 orang, tenaga kesehatan 177, dan tenaga teknis 884.

Usulan kebutuhan pegawai di lingkungan Pemkab Mesuji cukup relevan, karena jumlah pegawai sampai saat ini baru 2.003 orang. ’’Itu sudah termasuk 517 CPNSD yang lulus pada penerimaan tahun 2009 lalu,” ungkap Hofzen.

Idealnya, lanjut dia, satu satker memiliki jumlah pegawai 50 orang. ’’Namun kenyataannya, pegawai yang ada di satuan kerja baru 23 orang. Kalau jumlah tenaga honorer sampai saat ini belum terdata secara keseluruhan,” tukasnya. (gan/adi) ref : radar lampung

Share
Advertisements