Peluang Bisnis Online Tahun 2010 / 2011 di Indonesia

By | July 14, 2010
Advertisements
Share

Online advertising diperkirakan akan meningkat tajam menyusul hasil survei Nielsen yang menyebutkan sekitar 70 persen pengguna internet di Indonesia menyatakan berencana melakukan pembelian secara online dalam enam bulan ke depan. “Tentu saja online advertising akan meningkat,” tutur Executive Director Consumer Research Nielsen Catherine Eddy di Kantor Nielsen, Rabu (14/7/2010).

Survei Nielsen menyebutkan sekitar 70 persen dari 29 juta pengguna internet menyatakan berencana melakukan pembelian produk secara online dalam enam bulan ke depan. Mereka berencana menghabiskan 10 persen pengeluaran belanja mereka selama sebulan untuk pembelian secara online. Fenomena ini tidak jauh berbeda dengan pengguna internet pada umumnya di Asia Pasifik.

Menurut Nielsen, lebih dari sepertiga pengguna internet menghabiskan lebih dari 10 persen pengeluaran belanja mereka untuk pembelian online. Indonesia menempati tempat yang sama dengan sejumlah negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, di mana sepertiga populasi internetnya mengklaim tidak pernah belanja online dan mengalokasikan kurang dari 10 persen anggaran belanja bulanan mereka.

Sementara itu, budaya belanja online tumbuh subur di Korea Selatan. Penduduknya mengalokasikan sekitar 59 persen anggaran belanja bulanannya untuk belanja online. Begitu pula di China yang penduduknya menganggarkan 41 persen pengeluaran bulanannya untuk belanja online.

Apa Saja yang Diminati Pembeli ‘Online’?

Tren belanja online makin berkembang. Di akhir semester I-2010, Nielsen mencatat para pengguna internet Indonesia sudah merencanakan produk-produk yang akan dibeli secara online dalam satu semester berikutnya.

Dalam paparannya di kantor Nielsen Indonesia, Rabu (14/7/2010), Executive Director Consumer Research Nielsen Catherine Eddy mengatakan, mayoritas atau sekitar 38 persen pembeli online merencanakan membeli buku, 33 persen membeli pakaian, aksesori, dan sepatu, dan 29 persen membeli tiket pesawat atau reservasi perjalanan. “Urutannya tidak jauh berbeda dengan tren di Asia Pasifik,” ungkapnya.

Selain itu, 27 persen pengguna internet di Indonesia juga berencana membeli perangkat keras komputer secara online, dan 16 persen membeli perangkat lunak komputer. Tren kecenderungan pengguna internet laki-laki dan perempuan juga berbeda.

Laki-laki lebih memilih membeli buku, perangkat keras komputer dan perlengkapan elektronik secara online, sedangkan para perempuan lebih berencana membeli pakaian, aksesori, dan sepatu, serta buku dan tiket atau reservasi pesawat.

So, peluang bisnis online terbuka lebar bagi anda……. baik sebagai pemasang iklan (blogger), pemilik toko online maupun sebagai perantara keduanya..

ref : kompas

Share
Advertisements