Pemkab Lampura Mendapatkan Kuota 207 Formasi CPNS 2010

By | August 10, 2010
Advertisements
Share

Pada 2010, Pemkab Lampung Utara akan menerima 207 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari formasi umum. Kuota ini lebih sedikit dibanding tahun lalu yang mencapai 327 orang.

’’Kuota CPNSD yang diterima tahun ini lebih sedikit dibandingkan 2009, yakni 207 orang,” ujar Kabid Pengadaan dan Mutasi Pegawai Ilham Alawi yang mendampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampura Fahrizal Ismail kemarin (9/8).

Dari 207 CPNSD yang diterima tahun ini, jumlah formasi terbanyak dibutuhkan yakni tenaga guru 93 orang, tenaga kesehatan 62 orang, dan tenaga teknis 52 orang.

’’Jenjang pendidikan yang dibutuhkan minimal D-2 dan D-3 untuk guru taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Kemudian strata satu (S-1) untuk guru sekolah menengah pertama dan atas (SMP/SMA) sederajat. Lalu D-3 khusus tenaga teknis,” terangnya

Dalam pembukaan penerimaan CPNSD 2010 diperkirakan setelah Idul Fitri 1431 Hijriah. Pasalnya, BKD Lampura belum menerima informasi lebih lanjut mengenai jadwal penerimaannya. ’’Kita belum tahu kapan jadwal penerimaannya. Biasanya, jadwal peneriman CPNSD ini dilaksanakan secara bersamaan di seluruh kabupaten/kota di Lampung,” ujarnya.

Ilham menambahkan, BKD Lampura untuk penerimaan CPNSD 2010 tidak ada penerimaan dari formasi tamatan SMA/sederajat. Hal ini sama seperti tahun sebelumnya. ’’Untuk formasi ini, penerimaan CPNSD sesuai keputusan menteri penerangan aparatur negara (menpan) yang mengatur hal itu,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan penerimaan CPNSD ini, Pemkab Lampura hanya sebagai pelaksana per tahunnya. Dalam melakukan perekrutan, ada aturan yang dikeluarkan Menpan untuk tamatan yang diminta. Pendidikan terakhir yang bisa ditampung yakni D-2 PGSD serta sisanya D-3 dan S-1. Untuk formasi SMA sudah dua tahun terakhir tidak lagi diberikan jatah oleh Menpan.

Untuk diketahui, BKD Lampura sebelumnya telah memberikan laporan usulan kebutuhan pegawai ke Menpan dan Badan Kepegawaian Negera mencapai 1.389 orang. Data usulan ini berdasarkan dari kebutuhan satuan kerja yang ada di wilayah Lampura. Rincian dari usulan BKD ini, tenaga guru sebanyak 901 orang, tenaga kesehatan 302 orang, dan tenaga tehnis 186 orang. (put/een). ref : radar lampung

Share
Advertisements