Penerimaan CPNS 2010 Riau Sebanyak 3.098

By | July 28, 2010
Advertisements
Share

Setelah menunggu kapastian jumlah kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Riau, diputuskan oleh Menpan bahwa kuota CPNS 2010 Riau berjumlah 3.098 orang. Jumlah tersebut menurun hingga 50 persen jika dibandingkan kuota jumlah CPNS formasi 2009 lalu yang mencapai 7.293 orang.

Pengumuman jumlah kuota tersebut diterima Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Said Saqlul Amri langsung dari BKN di Bandung, Senin (29/7). Meski hal tersebut mengalami pengurangan yang cukup signifikan, namun dengan kuota tersebut BKD Riau akan mengoptimalkan formasi itu. Meski begitu, dia juga mengakui bahwa kuota CPNS tahun 2010 ini mengalami pengurangan secara nasional.

‘’Secara nasional kuota formasi CPNS tahun ini memang menurun. Jadi Riau tentu saja formasinya ikut dikurangi. Kemungkinan hal ini disebabkan anggaran nasional minim dan kurang kuat menampung semua CPNS yang ada. Namun begitu kita tetap akan menyusun kuota formasi ini seoptimal mungkin,’’ terangnya kepada Riau Pos Selasa (27/7) di Pekanbaru.

Berkas kuota CPNS 2010 ini, jelas Saqlul, diberikan langsung oleh Wakil Kepala BKN pusat, Eko Sutrisno kepada seluruh kepala BKD di Indonesia secara bertahap. Meski mengakui sudah menerima kuota formasi CPNS tersebut, namun rincian formasi belum bisa diberikan. Pasalnya, BKD Riau harus kembali menginventarisasi jumlah kuota masing-masing kabupaten/kota yang ada di Riau. Tidak hanya itu, dia juga harus menginventariasi keperluan pegawai di masing-masing satker yang ada di lingkungan Pemprov Riau.

Namun demikian, ada beberapa kabupaten yang kemungkinan jumlah formasinya tergambar, di antaranya Kabupaten Bengkalis sebanyak 276 lowongan dan Kota Pekanbaru sebagai yang terendah mendapatkan kuota formasi hanya mendapat 184 CPNS. Sementara kuota untuk Pemprov Riau mencapai 273 CPNS.

Menurut Saqlul, formasi CPNS 2010 ini sesuai dengan amanat Menpan di mana hanya untuk penerimaan umum. Khusus untuk tenaga honorer, seperti yang disampaikan Surat Edaran Menpan beberapa waktu lalu, pada pengangkatan tahun 2005 dan minimal masa kerja di tahun 2006 satu tahun akan diterima menjadi PNS tanpa syarat. Sementara itu, dalam waktu dekat nanti, BKD Riau akan mengundang BKD kabupaten/kota untuk melaksanakan rapat terkait penentuan kuota dan jadwal penerimaan PNS tahun 2010 nanti.

‘’Kami akan lakukan rapat terlebih dahulu baru bisa ditentukan jadwal dan kuota CPNS tahun ini. Paling lambat pekan depan,’’ ujarnya.(eko). Ref : Riaupos

Share
Advertisements