Pengumuman CPNS Sulsel Minggu Ketiga November 2010

By | November 11, 2010
Advertisements
Share

Proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) dan 24 kabupaten/ kota se-Sulsel dijadwalkan berlangsung serentak pekan depan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Andi Murny Amin Situru di kantor BKD Sulsel, Selasa (9/11), mengatakan, proses diawali dengan pengumuman penerimaan CPNS serta rincian formasi yang akan dilansir melalui media massa.

Murny sudah mengutus Kepala Sub Bidang (Kasubid) Perencanaan dan Pengembangan Pegawai BKD Sulsel Suraedah untuk menjemput pengesahan rincian formasi ke Kementerian Pembedayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI di Jakarta, kemarin.

Sementara ujian tulis kemungkinan baru bisa dilaksanakan pada awal atau pertengahan Desember mendatang. Para calon pendaftar sudah bisa menyiapkan berkas yang diperlukan untuk pendaftaran seperti foto kopi ijazah dan transkrip nilai.

Lapor Gubernur
Staf BKD Sulsel bertolak ke Jakarta, kemarin sekitar pukul 09.00 wita. “Dia (Suraedah) menjemput formasi ke menpan. Hasilnya masih tunggu karena mereka masih bertemu di Jakarta (kemarin),” kata Murny yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulsel.

Usai menerima pengesahan rincian formasi, BKD akan melapor  ke Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Setelah persetujuan gubernur diterbitkan, maka dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi (Rakor) BKD se-Sulsel.

Dengan asumsi semua formasi sudah disetujui, rakor BKD sudah bisa digelar dalam pekan ini untuk membahas persiapan, mekanisme sampai syarat penerimaan CPNS 2010.

Dihubungi terpisah, Kepala BKD Gowa, Muliaty Hamka, mengatakan, pihaknya menyerahkan kepada pemprov untuk menjemput formasi untuk Pemkab Gowa.

“Kami tidak ikut ke Jakarta karena ini sudah dikoordinasikan dengan pemprov. Kami mempercayakan kepada BKD provinsi untuk mengkoordinir dan kami tinggal hadir pada rakor nanti,” kata Muliaty.

Syarat Pendaftaran
Dalam rakor nanti, BKD Sulsel yang menerima seluruh rincian formasi di kemenpan dan akan meneruskannya ke kabupaten/ kota. Setelah proses itu rampung, BKD baru akan melansir rincian formasi sekaligus pengumuman penerimaan CPNS. “Setelah diterima (rincian formasi) kita lapor dulu ke Pak Gubernur. Setelah itu kita rapat dengan BKD kabupaten/ kota sekaligus penyerahan rincian formasinya,” ujarnya.

“Kami belum bisa dipastikan apakah seluruh rincian diserahkan semua ke BKD Sulsel atau langsung ke BKD kabupaten. Dalam rakor di kemenpan, sebelumnya ditegaskan melalui BKD Sulsel untuk diteruskan ke tiap daerah. Jika seluruh proses rampung baru kita umumkan,” lanjut mantan Kepala Badiklat Sulsel ini.

Mekanisme dan persyaratan penerimaan baru akan dibahas dalam Rakor BKD se-Sulsel untuk menyeragamkan proses penerimaan CPNS tahun ini.  Sebagai implementasi Peraturan Pemerintah (PP) No 19 tahun 2010 tentang penguatan wewenang gubernur, provinsi menjadi koordinator penerimaan di daerah.

Untuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang bekerja sama untuk penyelenggaraan seleksi meliputi pembuatan soal hingga pemeriksaan hasil tes tertulis.

Sejauh ini, sudah dua universitas ternama yang mengajukan penawaran ke BKD Sulsel yakni Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

“Belum ada petunjuk siapa yang bekerja sama untuk seleksi. Kita akan laporkan ke sekda dan gubernur. Nanti kami laporkan karena kami (BKD) bukan penentu kebijakan tetapi hanya pelaksana teknis. Nanti juga dirapatkan bersama seluruh BKD se-Sulsel,” tambahnya. Ref : (axa/ute)-tribun timur

Share
Advertisements