Pengumuman Hasil Tes Kesamaptaan AIM / AKIP CPNS Kemenkumham 2010 Tanggal 29 September

By | September 27, 2010
Advertisements
Share

MEMANTAU PELAKSANAAN TES KESEHATAN CALON TARUNA AKIP DAN AIM TAHUN 2010

Tes Kesehatan bagi pendaftar CPNS AKIP dan AIM telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 September 2010 bertempat di Markas Brigade Infantri 2 Marinir Cilandak, Jakarta Selatan. Rangkaian kegiatan tes kesehatan tersebut sepenuhnya dilaksanakan oleh seluruh anggota dari Kesatuan Marinir Brigade Infantri 2 Marinir dibawah komando Kolonel Marinir Bambang Soetrisno selaku Komandan Brigade Infantri 2 Marinir tanpa campur tangan sedikitpun dari Panitia Pusat Pengadaan CPNS Tahun 2010. Tampak hadir pula di tempat tes kesehatan, tim dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI dalam rangka pemeriksaan kegiatan tes kesehatan dan kesamaptaan tersebut.

Kegiatan tes kesehatan dimulai tepat pukul 07.00 WIB dan diikuti dengan kegiatan absensi peserta, pengukuran tinggi dan berat badan, pengukuran tensi darah, pemeriksaan gigi, pemeriksaan mata, tes buta warna, pemeriksaan dokter(cek fisik), pengumpulan blangko dan diakhiri dengan absensi akhir.

Ditengah kegiatan tersebut terlihat hadirnya seorang peserta tes yang akan mengikuti tes kesehatan datang sekitar pukul 10.00. Setelah melalui konsultasi dengan tim dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, peserta tersebut dinyatakan gugur karena terlambat datang.

Seluruh tahapan kegiatan tes kesehatan berlangsung lancar dan aman, karena tempat berlangsungnya tes kesehatan telah diisolasi dengan baik dibawah koordinator Mayor Marinir Anggorojati, Komandan Kompi Markas Brigade Infantri 2 Marinir, sehingga para orang tua dan pengantar tidak dapat mendampingi para peserta dalam pelaksanaaan tes kesehatan.

Menurut Sekretaris Panitia Pusat Hasbullah, tahapan tes selanjutnya bagi peserta Calon Taruna AKIP dan AIM yang dinyatakan LULUS tes kesehatan adalah mengikuti tes kesamaptaan pada hari Minggu tanggal 26 September 2010 pukul 07.00 WIB bertempat di Markas Brigade Infantri 2 Marinir Cilandak, Jakarta Selatan.

TES KESAMAPTAAN CALON TARUNA AKIP DAN AIM TAHUN 2010

Waktu menunjukkan kurang dari pukul 06.00 WIB di pagi hari Minggu 26 September 2010, tapi suasana di Markas Brigade Infantri 2 Marinir Cilandak, Jakarta Selatan terlihat ramai oleh pengunjung dan terasa ketegangan meliputi wajah mereka. Ada apakah gerangan ?

Setelah ditelusuri, ternyata pada hari ini akan diumumkan hasil tes kesehatan yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu 25 September 2010 bagi peserta Calon Taruna AKIP dan AIM Tahun 2010. Tepat pukul 07.00 WIB para pendaftar tersebut dikumpulkan dalam satu barisan yang diikuti oleh pengumuman oleh Tim Brigade Infantri 2 Marinir selaku pelaksana dan penentu hasil tes kesehatan tersebut.

Ketidaklulusan seseorang dalam tes kesehatan ditentukan dengan 5 (lima) indikator utama :

  1. Tinggi badan : pria = 163 cm dan wanita = 155 cm;
  2. Berat badan (standar indeks mass);
  3. Tidak buta warna;
  4. Tidak tuli;
  5. Tidak bertato.

Tercatat sebanyak ± 176 peserta tidak lulus tes kesehatan.

Setelah pengumuman berlangsung, para peserta yang dinyatakan lulus tes kesehatan segera mengenakan pakaian dan sepatu olahraga untuk mengikuti tahapan tes selanjutnya yaitu tes kesamaptaan bertempat di lapangan upacara Markas Brigade Infantri 2 Marinir Cilandak, Jakarta Selatan.

Ketika dikonfirmasi, menurut Sekretaris Panitia Pusat Pengadaan CPNS Tahun 2010 Hasbullah pengumuman hasil tes kesamaptaan akan diumumkan pada hari Rabu tanggal 29 September 2010 melalui website www.kemenkumham.go.id.

Urutan rangkaian tes kesamaptaan bagi peserta Calon Taruna AKIP dan AIM terdiri dari :
Lari;

  1. Pull Up/Modified Pull Up bagi peserta wanita;
  2. Sit Up/Modified Sit Up bagi peserta wanita;
  3. Push Up/Modified Push Up bagi peserta wanita;
  4. Shuttle Run.

Tes kesamaptaan sempat terhenti karena sekitar pukul 15.00 WIB turun hujan lebat. Kegiatan tersebut baru dapat dilaksanakan kembali pada pukul 17.30 WIB. Walaupun seluruh rangkaian kegiatan tes kesamaptaan selesai pukul 20.00 WIB namun tetap terlihat semangat dan tanggung jawab yang tinggi dari seluruh Tim Brigade Infantri 2 Marinir selaku pelaksana tes kesamaptaan dibawah koordinator lapangan Mayor Marinir Anggorojati, Komandan Kompi Markas Brigade Infantri 2 Marinir, untuk dapat menyelesaikan tes kesamaptaan dengan baik.

Demikian juga dari peserta tes, walaupun hari sudah malam dan terlihat sangat lelah tapi mereka tetap semangat untuk mengikuti dan menyelesaikan tes kesamaptaan tersebut dengan baik. Setelah selesai mengikuti tes kesamaptaan mereka meninggalkan area Markas Brigade Infantri 2 Marinir Cilandak dengan berbaris rapi yang terdiri dari 20 orang dalam tiap barisan dan ketika melalui pos jaga dan pintu gerbang markas, mereka serempak berseru 1..2..3.. MARINIR !!!

Ref dan More Info : Kemenkumham

Pengumuman dapat dilihat di : http://e-cpns.kemenkumham.go.id

Share
Advertisements