Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) TA 2010/2011

By | April 29, 2010
Advertisements
Share

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) – semula bernama Akademik Ilmu Statistik (AIS) – merupakan perguruan tinggi kedinasan yang diselenggaran oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS kembali memanggil pemuda/pemudi Indonesia yang memiliki motivasi tinggi untuk dididik menjadi ahli statistik.

STIS menyelenggarakan program Diploma IV (D-IV) yang diterapkan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS) dan ditempuh selama 4 tahun. STIS memiliki 2 jurusan, yaitu Statistika dan Komputasi Statistik, di mana jurusan Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan, yaitu Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Selama masa studi, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan dan mendapat Tunjangan Ikatan Dinas (TID) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Lulusan STIS mendapat sebutan Sarjana Sains Terapan (S.S.T.) dan langsung diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota.

Persyaratan Umum

1. Sehat jasmani dan rohani dan tidak cacat fisik, tidak buta warna, dan bebas narkoba.
2. Lulus SMA jurusan IPA atau Madrasah Aliyah jurusan IPA.
3. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7 (bukan hasil pembulatan) pada kelas XII semester I.
4. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2010.
5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
7. Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.
8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID).
9. Bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Prosedur Pendaftaran

1. Peserta membeli nomor registrasi pendaftaran di Bank BRI (seluruh cabang di Indonesia). Peserta akan mendapatkan nomor registrasi yang digunakan untuk pendaftaran online. Biaya pendaftaran adalah 225.000 rupiah. Jika ada Kantor Cabang Bank BRI yang tidak/belum melayani pembelian PIN, informasikan kepada kami dengan menyebutkan nama Kantor Cabang dan daerahnya melalui halaman kontak.
Pastikan anda memenuhi persyaratan sebelum membayar biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak bisa dikembalikan dengan alasan apa pun.
2. Peserta melakukan pendaftaran online di website STIS. Di sini peserta mengisi biodata, meng-upload pasfoto terbaru berwarna, dan memilih lokasi ujian.
3. Peserta menyerahkan atau mengirim berkas pendaftaran ke Kantor BPS Provinsi atau ke Kampus STIS, sesuai dengan pilihan lokasi ujian. Berkas yang harus diserahkan atau dikirimkan adalah:

  1. Hasil cetak pendaftaran online
  2. Fotokopi rapor kelas XII semester I yang telah dilegalisir
  3. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir (bagi yang lulus sebelum 2010)
  4. Pasfoto terbaru berwarna ukuran 4×6 yang ditempel di hasil cetak pendaftaran online
  5. Fotokopi kartu identitas berfoto, seperti KTP, Kartu Siswa atau Kartu Pelajar, kartu asuransi, atau SIM
  • Jika mengirimkan berkas, cantumkan “PMB” di pojok kiri atas amplop. Berkas yang diterima setelah pendaftaran ditutup tidak diproses.

4. Peserta mencetak Kartu Tanda Ujian Masuk (KTPUM) yang bisa di-download di website STIS. KTPUM bisa di-download paling cepat 2 (dua) hari setelah berkas diterima dan diperiksa oleh sekretariat.

Perhatian untuk semua peserta seleksi ujian masuk

  1. Semua peserta seleksi ujian masuk harus membawa Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM) pada waktu ujian.
  2. KTPUM bisa didownload dan dicetak di website STIS di tempat yang sama dengan pendaftaran online.
  3. Bagi yang telah mencetak KTPUM sebelum tanggal 29 April pukul 06:00 WIB, supaya mendownload dan mencetak ulang KTPUM.
  4. Bagi yang telah melakukan pendaftaran online tapi belum menyerahkan berkas pendaftarannya, supaya menyerahkan berkas pendaftarannya. Berkas pendaftaran paling lambat sudah harus diterima di loket pendaftaran tanggal 21 Mei 2010 pukul 15:00 waktu setempat.

Selengkapnya bisa didownload pada link di bawah ini :

atau bisa dilihat info lengkap di :

Semoga bermanfaat…

Share
Advertisements