Pengumuman Resmi Rekrutmen CPNS 2013 Belum Bisa Dilihat

By | August 18, 2013
Advertisements
Share

Lowongan CPNS 2013 – Jarno.web.id – Semua Instansi pemerintah yang mendapatkan jatah formasi baru calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2013 ini wajib mengumumkan lowongan jabatan melalui media massa, atau setidaknya di website Internet masing-masing instansi atau bisa contact Jarno. Namun, hingga Minggu (18/8/2013) ini, tidak satu pun dari 66 instansi pemerintahan yang mendapat jatah CPNS itu mengumumkan secara jelas lowongan di institusi masing-masing.

Kewajiban mengumumkan lowongan jabatan melalui media massa, atau setidaknya di website Internet itu, akhir Juli 2013 lalu, disampaikan Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) M. Imanuddin di Jakarta. Pengumuman itu setidaknya berisi jabatan apa yang dibutuhkan, jumlah, akan ditempatkan di mana, kualifikasi, serta syarat-syarat lain yang diperlukan.

DI 66 laman resmi instansi pemerintah penerima formasi CPNS baru tahun 2013 yang dilakukan Sabtu menunjukkan kewajiban itu tak dipatuhi. Tak ada sayu pun laman Internet institusi-institusi pemerintah itu yang keterangan lengkap tentang jabatan apa yang dibutuhkan, jumlah, akan ditempatkan di mana, kualifikasi, serta syarat-syarat lain yang diperlukan.

Sebagian besar isi situs resmi instansi pemerintahan tersebut hanya menampilkan berita kegiatan. Memang ada sebagian laman resmi instansi pemerintah yang memuat berita penerimaan CPNS, tapi sudah kedaluwarsa, tentang penerimaan CPNS beberapa tahun lalu. Kalaupun ada laman yang memuat berita preview penerimaan CPNS 2013, maka berita itu yang menyebutkan secara jelas jabatan yang dibutuhkan, jumlah, lokasi penempatan, apalagi kualifikasi dan syarat-syarat yang harus dipenuhi pelamar.

Situs resmi Badan Informasi Geospasial (BIG) yang beralaman di www.big.go.id, misalnya hanya menyebutkan, “Pengumuman lebih lanjut akan disampaikan setelah penetapan/persetujuan alokasi tambahan CPNS 2013 diterima Badan Informasi Geospasial (BIG), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB).”

Demikian juga halnya dengan situs resmi Badan Koordinasi Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakorkamla), www.bakorkamla.com. Laman-laman itu masih belum menyediakan informasi mengenai penerimaan dan jadwal penerimaan CPNS, Sabtu.

Di tahun 2013 ini pemerintah akan merekrut 60.000 pegawai baru. Sebanyak 20.000 CPNS tersebut akan direkrut instansi pusat dan sisanya direkrut pemerintah daerah. Seiring dengan lambatnya pengumuman itu disajikan, blog-blog yang menyediakan informasi tentang penerimaan CPNS 2013 pun mendapatkan kunjungan yang berjubel  dikunjungi pengguna internet.

Share
Advertisements