Pengurusan SKCK Sekarang Jauh Lebih Cepat

By | October 11, 2010
Advertisements
Share

Tidak ada kata lama atau sulit dalam pengurusan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Bila persyaratan berkas pengajuan SKCK itu lengkap, maka pengurusan dokumen itu tidak sampai satu jam bisa diselesaikan oleh petugas.

“Kalau berkas sudah lengkap dan tidak ada rapat atau hal lain, setengah jam bisa selesai,” kata Kapolsek Tambaksari AKP Hartono.

Menurutnya, mengurus SKCK ditempatnya paling lama satu jam, itu pun terjadi akhir-kahir ini dimana permintaan layanan SKCK ini meningkat karena ada pendaftaran CPNS.

“Kalau sudah sampai dimeja saya, kapan pun akan saya tanda tangani,” ungkapnya.

Tidak ada alasan untuk membuat rumit atau melama-lamakan untuk pelayanan permohonan SKCK ini, kecuali jika permohonan itu untuk melamar CPNS. “Kalau untuk pendaftaran CPNS Polsek hanya memberikan rekomendasi dan selanjutnya diserahkan ke Polrestabes,” jelasnya.

Pelayanan yang sama juga diungkapkan Kapolsek Mulyorejo AKP Hariyono. Menurutnya, permohonan pelayanan SKCK di tempatnya hanya memakan waktu sekitar 30 menit. “Berkas dan persyaratan lengkap 30 menit selesai,” jelasnya.

Namun ada juga warga yang datang ke Polsek lalu meninggalkan berkas dan akan mengambilnya sore atau esoknya. “Silakan saja kalau ada keperluan lain bisa ditinggal petugas tetap akan memproses permohonan SKCK,” paparnya.

Dalam seminggu terakhir ini di wilayah Polsek Tambaksari, Polsek Mulyorejo maupun Polsek lainnya jumlah layanan pemohon SKCK meningkat. Di Polsek Tambaksari dalam sehari saja tercatat ada sekitar 50 pemohon SKCK, di Polsek Mulyorejo kenaikkan jumlah pemohon SKCK juga meningkat meski tidak sebanyak di Polsek Tambaksari.

Di Polsek Tambaksari misalnya, bila hari normal rata-rata ada lima pemohon SKCK, tapi dalam seminggu terakhir setiap harinya mencapai sekitar 50 pemohon. “Pokoknya berapapun jumlahnya kami akan selesaikan secepatnya,” pungkas Hartono. n iit. Ref : surya

Share
Advertisements