Tahun 2010 ada 400 PNS di Sukoharjo Masuki Masa Pensiun, Disdik dan DKK Kekurangan Pegawai

By | October 5, 2010
Advertisements
Share

Sekitar 400 pegawai negeri sipil (PNS) dari 10.913 PNS di Kabupaten Sukoharjo memasuki masa pensiun pada 2010. PNS yang memasuki masa pensiun paling banyak berada di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK).

Namun, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sukoharjo, Sardiyono tidak menyatakan jumlah pasti PNS yang pensiun di kedua instansi pemerintahan tersebut. Dia mengatakan ratusan PNS yang masuk pensiun itu akan digantikan dengan pegawai baru. Untuk mengisi kekosongan tersebut, BKD akan mengandalkan rekruitmen CPNS pada tahun ini.

“Jumlah PNS yang pensiun pada tahun ini ada sekitar 400-an orang. Jumlah itu cukup banyak jika dibandingkan tahun lalu, yaitu sekitar 350-an orang. Makanya jumlah itu akan ditutup dalam pengadaan rekruitmen CPNS kali ini,” jelas Sardiyono saat dijumpai wartawan di Gedung DPRD Sukoharjo, Senin (4/10).

Dia menambahkan, jumlah PNS yang pensiun tahun ini jauh lebih banyak dari formasi CPNS 2010 yang tersedia, yakni hanya sekitar 189 lowongan. Dia menguraikan, dari formasi rekruitmen CPNS itu 85 lowongan untuk tenaga pendidikan dan 57 lowongan untuk ditempatkan di DKK, dan sisanya sekitar 47 lowongan merupakan tenaga teknis lainnya.

“Memang jumlah PNS yang pensiun dengan formasi pengadaan CPNS tahun ini kurang berimbang. Tapi karena jumlah dari yang pensiun dengan fomasi lowongan CPNS yang paling banyak sama-sama di Dinas Pendidikan dan DKK,” terang dia.

Sardiyono menambahkan, kurangnya jumlah PNS di beberapa instansi pemerintah itu antara lain pada tenaga teknis, seperti penyuluh, ahli computer, petugas administrasi, dan beberapa tenaga ahli. Adanya kekurangan PNS itu di Dinas Pendidikan dan DKK diharapkan tidak akan mengganggu pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan bidang pendidikan maupun kesehatan akan tetap dilakukan optimal oleh masing-masing dinas. ref : hkt-espos

Share
Advertisements