Tanya Jawab Seputar Penerimaan D3 Instrumentasi dan Metrologi Kemendag

By | April 24, 2011
Advertisements
Share

Tanya Jawab Terkait Penerimaan D3 Instrumentasi dan Metrologi Kemendag

# Apakah program ini menerima lulusan SMA jurusan IPS?
Sayang sekali program ini hanya menerima lulusan SMA jurusan IPA, SMK, atau MA dengan jurusan eksakta.

# Untuk pelamar umum dari SMK, SMK dari kelompok keahlian dan jurusan apa saja yang diizinkan mendaftarkan diri dalam program ini?
Calon peserta yang diizinkan mendaftar dalam program ini berasal dari SMK dengan latar pendidikan eksakta, dari kelompok keahlian dan jurusan apapun.

# Dalam proses seleksi peluang penerimaan pendaftar dari PNS dengan pendaftar umum apakah dibedakan?
Peluang pendaftar umum dan pendaftar dari PNS adalah setara, tanpa pembedaan.

# Beberapa waktu lalu saya mengajuan diri untuk memperoleh beasiswa lain dari suatu lembaga yang hasilnya baru akan diumumkan pada bulan Agustus. Apakah saya dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti program beasiswa dari Kemendag-ITB ini?
Untuk menjadi bagian dari program ini, peserta harus mengikuti semua prosedur yang berlaku sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Pengumuman mengenai jadwal pelaksaan dan prosedur pendaftaran dapat diakses di http://www.psb-d3metrologi.net.

# Berapa jumlah siswa yang diterima dalam program ini?
Jumlah siswa yang diterima pada program ini sebanyak 50 orang pada angkatan pertama (tahun lalu). Untuk angkatan kedua ini, jumlah siswa yang diterima akan ditentukan sesuai kesepakatan antara pihak ITB dan Kemendag.

# Apakah beasiswa mencakup biaya hidup, asrama dan uang saku?
Beasiswa hanya mencakup biaya pendidikan saja, tanpa biaya hidup dan uang saku.

# Untuk peserta seleksi yang berdomisili di luar Jawa, apakah diberikan biaya akomodasi untuk berangkat ke tempat seleksi?
Tidak. Peserta tidak dikenai biaya pendaftaran dan seleksi, namun untuk biaya akomodasi ditanggung sepenuhnya oleh peserta.

# Setelah diterima dan mengikuti pendidikan, bolehkah mendaftar program beasiswa/ikatan dinas dari swasta/instansi lain dan tetap mengikuti pendidikan seperti jalur awal?
Belum ada kebijakan yang mengatur hal tersebut.

# Apakah proses pendaftaran hanya dapat dilakukan pada hari dan jam kerja?
Tidak. Hari dan jam kerja untuk pendaftaran online adalah setiap hari (Senin-Minggu) dan setiap waktu (00.00 – 24.00) dari tanggal 18 April 2011 sampai dengan tanggal ditutupnya pendaftaran online (sementara 27 Mei 2011).

# Apakah pendaftaran dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi kota tempat dilakukan seleksi?
Tidak. Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui situs ini.

# Bagaimana cara melakukan pendaftaran online yang baik?
Pendaftaran online dapat Anda lakukan sesuai dengan petunjuk pada halaman http://www.psb-d3metrologi.net/daftar. Pengisian formulir hanya dapat dilakukan SATU kali, oleh karena itu pastikan semua kolom isian telah Anda lengkapi, dan pastikan tidak ada kesalahan pengetikan. Ketika selesai, klik pada tombol “Simpan Data” di bagian bawah formulir. Setelah itu lanjutkan ke tahap pengajuan dokumen di Halaman Finalisasi.

# Pengisian nilai rapor apakah nilai kognitif (tertulis) atau praktek?
Nilai yang dimasukkan adalah nilai kognitif atau tertulis, namun jika memang dianggap nilai tunggalnya adalah nilai gabungan semuanya, maka nilai gabungan itu yang dipakai.

# Bagaimana jika pelajaran fisika belum diujikan di UN? (untuk semua tahun kelulusan)
Khusus untuk lulusan selain tahun 2011, jika pelajaran fisika diujikan pada Ujian Sekolah, Anda dapat memasukkan nilai tersebut.

# Untuk SMK dengan masa pendidikan 4 tahun, pada tahun terakhir tidak semua mata pelajaran dipelajari (mata pelajaran yang dinilai adalah mata pelajaran terkait praktek lapangan), sementara mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Fisika dipelajari secara lengkap hanya sampai tahun ke-3 (tiga). Nilai mana yang harus dimasukan ke dalam kolom nilai rapot semester 1 dan semester 2 pada form pendaftaran online?
Nilai yang dicantumkan adalah nilai rapot dua semester terakhir saat seluruh mata pelajaran tersebut dipelajari secara lengkap, yaitu nilai rapot semester 1 dan semester 2 tahun ke-3 (tiga).

# Institusi pendidikan kejuruan tertentu tidak menganut sistem semester, sehingga peserta didik hanya memperoleh satu lembar transkip nilai Kartu Hasil Studi, pada tingkat 1 (satu) dan 2 (dua). Sedangkan ketika di tingkat 3 (tiga) tidak diberikan transkip nilai Kartu Hasil Studi lagi, sebagai gantinya diberikan SKHUN dan Ijasah ketika lulus. Bagaimana sebaiknya mengisi form nilai dalam pendaftaran online?
Kartu Hasil Studi dapat dijadikan file pengganti rapot, karena pada dasarnya itu adalah laporan nilai selama satu semester. Untuk pengisian nilai rapot, dapat mengisikan dengan nilai dari semester 1 dan 2 pada tingkat 2, karena tidak ada nilai rapot lagi setelah itu.

# Jika nilai rapot tingkat 3 semester 2 belum keluar, bagaimana sebaiknya mengisi form nilai dalam pendaftaran online?
Form diisi dengan nilai rapot 2 semester terakhir yang telah keluar. Cara pengisian yaitu nilai semester 2 diisikan pada semester 2 dan nilai semester 1 diisikan di kolom semester 1.

# Apakah kotak kosong di bawah formulir pendaftaran harus diberi tanda cek semuanya atau hanya sebagian sesuai kehendak pendaftar? Contoh: membayar ganti rugi jika mengundurkan diri setelah pendaftaran ulang.
Seluruh kotak kosong harus dicek, kecuali poin bagi pendaftar yang telah menikah dan PNS wanita harus disesuaikan dengan kondisi pendaftar. Karena jika pendaftar tersebut lolos dan diterima, pendaftar memang harus membuat surat perjanjian seperti yang diminta.

# Apabila SKHUN bagi lulusan tahun 2011 belum dibagikan, apakah boleh menggunakan transkrip nilai UN dan USEK sementara untuk syarat pendaftaran online?
Boleh. Berkas asli dapat disusulkan.

# Bagaimana cara menulis alamat rumah yang benar?
Dengan tanpa menggunakan titik dua (“:”)

# Apakah calon peserta dapat mendaftar lagi jika dalam pengisian data formulir pendaftaran mengalami kesalahan?
Calon peserta sebaiknya berlaku teliti dalam pengisian form pendaftaran, dan melakukan pengecekan ulang sebelum memfinalisasi pendaftarannya. Untuk kondisi ekstrim dan terpaksa calon peserta tersebut dapat menghubungi kontak PSB untuk diputuskan penanganan lebih lanjut.

# Apa yang dimaksud seleksi administrasi?
Tes administrasi adalah proses seleksi pertama dalam penerimaan siswa baru angkatan III D3 Metrologi dan Instrumentasi ITB-Kemendag. Pada seleksi administrasi ini panitia menyaring peserta-peserta yang memenuhi kriteria kelengkapan dokumen pendaftaran yang diupload, menyeleksi berdasarkan batas minimum nilai-nilai mata pelajaran yang terkait, serta kebenaran pengisian formulir dengan dokumen pendaftaran. Peserta yang telah lulus seleksi administrasi kemudian berhak melakukan verifikasi dokumen dan mengikuti seleksi tertulis di Bandung. Pada verifikasi dikakukan pencocokkan data yang anda masukkan dengan file aslinya yang anda bawa pada saat verifikasi.

# Bagaimana jika tidak punya Akta Kelahiran?
Akta kelahiran dapat digantikan dengan Surat Tanda Lahir yang dikeluarkan oleh pemerintah.

# Untuk dokumen yang di-upload, hasil scan ijazah yang mana yang dicantumkan? Apakah bagian muka ijazah atau bagian belakang ijazah?
Bagian ijazah yang di-upload adalah bagian ijazah yang mencantumkan daftar nilai.

# Apa yang dimaksud “lebar/tinggi gambar yang disarankan untuk hasil scan ijazah dan Akte Kelahiran: 1024 pixel”? Berapa ukuran hasil scan yang digunakan?
Ukuran gambar hasil scan tergantung perangkat scanner yang digunakan. Untuk dapat diajukan sebagai syarat pendaftaran, gambar tersebut harus diubah ukurannya (resize) maksimal 1024 pixel untuk tinggi, dan lebarnya menyesuaikan agar hasil akhirnya masih tampak seperti aslinya, tidak “stretched” atau gepeng.

# Untuk surat perjanjian tidak akan menikah, surat keterangan sehat, dan surat pernyataan mengenai kesanggupan untuk mengembalikan seluruh biaya seleksi jika yang bersangkutan mengundurkan diri, apakah format yang digunakan adalah format buatan sendiri atau akan ditentukan oleh panitia?
Surat keterangan dan pernyataan tersebut akan disediakan oleh panitia dan dapat diunduh dari situs http://www.psb-d3metrologi.net dalam waktu dekat.

# Untuk lulusan 2011 yang belum mendapatkan SKHUN asli, apakah boleh mengunggah (upload) SKHUN sementara?
Khusus untuk lulusan 2011 yang belum mendapatkan SKHUN asli diperbolehkan untuk mengajukan SKHUN sementara pada formulir digital. Tetapi SKHUN asli harus dibawa pada saat daftar ulang, jika lulus ujian tertulis.

# Jika ada dua buah hasil scan pas foto berukuran 440 kb dengan dimensi 1569×2430 piksel; dan berukuran 104 kb dengan dimensi 661×1024 piksel. Mana yang lebih utama untuk diunggah (upload)?
Foto dengan ukuran 661×1024 piksel sudah cukup bagus, ukuran yang kecil juga akan memudahkan dalam proses pengunggahan/upload.

# Jika scan SKHU itu tidak dapat mencakup 100% atau ada bagian yang sedikit terpotong, apakah tidak apa-apa?
Yang terpenting hasil scan memperlihatkan bagian nama, nilai, dan pengesahan dari pihak sekolah.

# Apakah ada kemungkinan tes tertulis dilaksanakan di kota Makassar?
Tidak. Tes tertulis hanya dilaksanakan di kota Bandung. Referensi: http://www.psb-d3metrologi.net/ujian

# Untuk materi tes pengetahuan umum meliputi apa saja?
Materi tes pengetahuan umum adalah pertanyaan yang berkisar dari pengetahuan umum sehari-hari. Dapat berasal dari berita, buku, pengetahuan populer, atau apapun yang terkait pengetahuan di sekitar kita.

# Jika berkas-berkas asli (ijazah/SKHUN, rapot) yang diminta untuk proses verifikasi langsung belum tersedia, apakah dapat digantikan dengan fotokopi berkas tersebut?
Sebaiknya berkas-berkas yang dibawa saat proses verifikasi adalah berkas asli, namun jika pada hari proses verifikasi berkas-berkas tersebut belum ada dapat digantikan dengan fotokopi berkas yang telah dilegalisir oleh pihak-pihak yang berwenang.

# Jadwal ujian tertulis 12 Juni 2011 bersamaan dengan jadwal ujian instansi lain, bagaimana ada kemungkinan jadwal ujian diundur?
Keputusan sementara ujian tertulis akan dilaksanakan pada 12 Juni 2011, tapi menimbang bahwa ada instansi lain yang juga menyelenggarakan ujian pada tanggal yang sama, maka masih ada kemungkinan jadwal ujian tertulis dimundurkan. Selalu akses situs resmi kami untuk mendapatkan berita terbaru.

# Apakah verifikasi harus di tempat yang dipilih sebagai tempat ujian tertulis?
Pendaftar yang lulus seleksi administrasi diwajibkan untuk datang pada dua acara, yaitu Verifikasi Dokumen dan Ujian Tertulis yang akan dilaksanakan pada tanggal yang akan diumumkan kemudian.

# Apakah ada soal prediksi untuk ujian tertulis?
Tidak. Materi ujian tertulis berupa hasil pembelajaran di sekolah, karena tujuan dari ujian tertulis ini adalah mengetahui pemahaman peserta terhadap materi yang telah diajarkan.

# Apakah peserta yang lolos seleksi administrasi harus mengikuti ujian tertulis? Jika peserta tersebut tidak mengikuti, apakah ada denda atau sanksi?
Setelah lulus tes administrasi peserta harus mengikuti ujian tertulis jika ingin diterima sebagai siswa pada program ini. Jika peserta tersebut tidak mengikuti ujian tidak akan dikenakan denda atau sanksi, namun dipastikan gugur sebagai calon siswa program D3 Metrologi dan Instrumentasi ITB-Kemendag.

# Apakah ada sistem minus pada tes tertulis?
Ada.

# Jika dalam jadwal verifikasi peserta mendapat giliran jam 09.00-10.00 pada meja 1, namun tidak dapat hadir pada jam tersebut. Apakah peserta tersebut mendapat dispensasi untuk melakukan verifikasi di jam lain?
Panitia telah membagi jadwal pelaksanaan verifikasi berdasarkan nomor pesertanya. Peserta yang datang di luar jadwalnya harus menunggu, hingga seluruh antrian pada jam tersebut berakhir.

# Apakah surat-surat keterangan maupun surat perjanjian harus dibawa saat proses verifikasi?
Tidak. Surat keterangan sehat, surat bebas buta warna, dan surat perjanjian digunakan dalam proses daftar ulang bagi peserta yang telah lulus tes tertulis.

# Apakah ada ikatan dinas untuk lulusan program ini?
Tidak ada ikatan dinas, lulusan harus memenuhi syarat penerimaan pegawai baru dari Kementrian Perdagangan untuk dapat diterima bekerja.

# Dimana lulusan program ini dapat berkarir selain di Kementrian Perdagangan?
Kebutuhan tenaga ahli penera di Indonesia akan meningkat drastis dalam waktu dekat. Selain berkarir di Ditjen Metrologi dan Instrumentasi Kementrian Perdagangan, lulusan program ini dapat berkarir di perusahaan metrologi atau penera swasta, dapat juga di perusahaan besar yang bergerak di bidang Oil & Gas seperti Pertamina, LNG Badak, dan lain-lain.

# Untuk peluang meneruskan ke jenjang sarjana, apakah ada pilihan lain untuk melanjutkan selain di Perancis?
Pilihan tempat melanjutkan kuliah sarjana tergantung pada pilihan masing-masing, namun yang memperoleh pembiayaan dari Kemendag adalah mahasiswa-mahasiswa yang memenuhi syarat. Dan mahasiswa-mahasiswa tersebut akan berhak melanjutkan ke Ecole Superioure De Metrologie de Deoui (ESM) Perancis.

# Apa syarat untuk dipilih sebagai siswa yang dapat melanjutkan program sarjana ke Perancis?
Kapasitas situs ini adalah sebagai situs resmi penerimaan siswa baru program D3 Metrologi dan Instrumentasi ITB-Kemendag. Kebijakan pemilihan siswa yang akan mengikuti program sarjana di Perancis diberikan oleh ITB-Kemendag. Berdasarkan janji yang diberikan, hanya lulusan-lulusan terbaik saja yang akan diusulkan untuk dapat mengikuti program sarjana tersebut.

# Berapakah siswa terbaik yang akan dihadiahi melanjutkan di Perancis?
Jumlah siswa yang memperoleh beasiswa melanjutkan program sarjana tergantung kebijakan dari Kemendag.

# Dimana lokasi perkuliahan program ini diselenggarakan?
Lokasi perkuliahan program ini adalah kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), hingga 2-3 tahun mendatang. Beberapa praktikum akan dilaksanakan di kampus ITB dan Balai Diklat Metrologi di Cimahi.

# Kapan proses perkuliahan program ini dimulai?
Proses perkuliahan akan dilaksanakan mulai bulan Agustus 2011.

# Apakah jadwal kuliah program ini penuh selama 8 jam?
Jadwal kuliah dan praktikum diplotkan setiap hari Senin-Jumat, dengan waktu berkisar antara jam 07.00-17.00. Bisa terdapat jam kosong di sela-sela jam kuliah.

# Pelajaran apa saja yang dapat menunjang materi kuliah dalam program ini?
Matematika, Fisika, dan ilmu-ilmu penunjang materi metrologi dan instrumentasi.

# Bidang apa saja yang dipelajari dalam perkuliahan program Diploma III Metrologi dan Instrumentasi ini?
Bidang-bidang yang dipelajari dalam perkuliahan dapat dibaca di situs resmi ini, tautan-tautan di dalamnya, dan halaman facebook kami: PSB Diploma Metrologi.

# Dalam proses perkuliahan apakah peserta mengenakan seragam atau kemeja biasa?
Pada saat kuliah siswa tidak perlu mengenakan seragam apapun.

# Jika seorang peserta telah dinyatakan diterima dalam program ini, apakah peserta tersebut diperbolehkan mengundurkan diri? Jika diperbolehkan sanksi seperti apakah yang akan dikenakan pada peserta yang mengundurkan diri tersebut?
Peserta yang lolos seluruh seleksi namun mengundurkan diri sebelum mendaftar ulang tidak akan dikenai sanksi apapun. Peserta yang mengundurkan diri setelah melakukan daftar ulang akan dikenai sanksi pembayaran ganti rugi, sebesar konversi biaya kuliah seorang siswa untuk 1 semester.

# Apa yang dimaksud “pembayaran uang ganti rugi jika prestasi akademik di bawah standard yang telah ditentukan”?
Siswa yang telah mengikuti proses perkuliahan namun mendapatkan indeks prestasi di bawah standard diancam diberhentikan dari program, dan harus membayar sejumlah ganti rugi. Standar yang dimaksud adalah standar nilai yang ditentukan oleh pengelola Program Diploma III Metrologi dan Instrumentasi. Jumlah nominal ganti rugi yang harus dibayarkan adalah sejumlah biaya kuliah seorang siswa per semester dikalikan jumlah semester yang telah diikuti.

# Apakah yang dimaksud dengan “Bersedia membayar ganti rugi jika prestasi akademik di bawah standar yang telah ditentukan” adalah prestasi akademik yang diperoleh calon peserta “sebelum” atau “setelah” dinyatakan sebagai penerima beasiswa(telah lolos seluruh seleksi) tersebut?
Yang dimaksud pernyataan di atas adalah prestasi akademik setelah menjadi siswa program D3 Metrologi dan Instrumentasi ITB-Kemendag.

# Berapa nilai standard prestasi akademik (indeks prestasi minimal) yang harus diperoleh oleh penerima beasiswa program ini?
Seorang siswa program ini minimal harus lulus di semua mata kuliah yang diambil pada semester tersebut, karena dia tidak memiliki kesempatan untuk mengulang atau mengambil mata kuliah yang ada pada semester lain selain semester yang dia jalani.

# Berapa jumlah uang yang dibayarkan untuk ganti rugi selama 1 semester?
Alokasi pendanaan untuk satu angkatan mahasiswa dalam 1 tahun adalah 1 Milyar, sementara 1 tahun terdiri atas 2 semester dan satu angkatan terdiri dari 50 orang siswa, sehingga pembiayaan 1 siswa/semester adalah 10 juta rupiah.

Pendaftaran, klik :

Semoga bermanfaat 😀

Share
Advertisements