Dalam rangka meningkatkan pelayanan jasa angkutan, PJKA berubah bentuk menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) tahun 1991. Perumka berubah menjadi Perseroan Terbatas, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) pada tahun 1998.
Daftar Isi
PT Kereta Api Indonesia (Persero), selanjutnya disebut sebagai KAI atau ‘Perusahaan‘ adalah Badan Usaha Milik Negara yang menyediakan, mengatur, dan mengurus jasa angkutan kereta api di Indonesia.
dikutip dari cnbcindonesia.com, gaji yang akan diterima oleh seorang masinis pada PT Kereta Api Indonesia yaitu sekitar Rp. 13 juta perbulan, gaji tersebut belum termasuk beberapa benefit lainnya seperti tunjangan kinerja, sampai benefit transportasi dan tunjangan anak dan istri.
dikutip dari cnbcindonesia.com, gaji yang akan diterima oleh seorang masinis pada PT Kereta Api Indonesia yaitu sekitar Rp. 13 juta perbulan, gaji tersebut belum termasuk beberapa benefit lainnya seperti tunjangan kinerja, sampai benefit transportasi dan tunjangan anak dan istri.
KAI menawarkan gaji mulai dari Rp 3 – Rp 5 juta per bulan, belum termasuk sejumlah benefit lainnya seperti tunjangan kinerja, transportasi hingga anak dan istri. Bahkan, untuk posisi kemudi kereta, yaitu level masinis, KAI menawarkan gaji berkisar Rp 13 juta.
Customer Service Rp3-4,2 Juta. Staff Rp2-5 Juta. Front Liner Rp2-3 Juta. Ticketing Staff Rp2-3 Juta.
Untuk gaji pramugari kereta api , dikutip dari detiktravel yaitu rata-rata sebesar Rp.7 juta perbulan, gaji tersebut terdiri dari gaji pokok sebesar Rp.4 juta dan berbagai tunjangan serta insentif lainnya yang ditotalkan rata-rata akan mencapai 7 juta perbulannya.
Jakarta, CNBC Indonesia – BUMN transportasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI saat ini tengah membuka lowongan kerja besar-besaran untuk lulusan SMA sederajat, D3, dan S1. Posisi yang ditawarkan juga beragam.
“Jam kerja 8 jam, contoh saya masuk jam 4 pagi selesai jam 2 siang, kalau lebih nggak dibayar lembur,” ungkap Pupu.
Pegawai Perusahaan Jawatan Kereta Api pada mulanya adalah Pegawai Negeri Sipil Departemen Perhubungan yang ditempatkan/bekerja di Perusahaan Jawatan Kereta Api, sehingga hak-hak dan kewajibannya sama dengan Pegawai Negeri Sipil.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) (disingkat KAI atau PT KAI) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT KAI meliputi angkutan penumpang dan barang.
PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) manufaktur kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara.
PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) manufaktur kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara.
PT Pertamina (Persero):
Gaji petugas SPBU disebut berada pada kisaran Rp 1,9 juta sampai Rp 5,1 juta per bulan. Untuk posisi Site Engineer digaji Rp 30 juta-Rp 33 juta, sedangkan untuk level engineer saja bergaji Rp 19 juta-Rp 21 juta per bulan.
Seluruh tahapan seleksi pendaftaran masinis di PT KAI telah dilakukan secara online melalui laman resmi perekrutan dengan prosedur seleksi sebagai berikut: Lakukan registrasi awal dengan cara membuat akun di laman recruitment.kai.id kemudian melengkapi data serta dokumen yang diminta.
Usai lulus sekolah menengah atas (SMA), setiap calon masinis wajib mengikuti pendidikan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Traksi (BPPT) selama tiga tahun. Setelah lulus, calon masinis akan diarahkan pada program magang di Perawatan Kereta Api (Depot) sebelum akhirnya mendapatkan sertifikasi masinis.
Peremajaan tersebut dilakukan terhadap hampir 50 persen dari total jumlah kereta yang dimiliki Kereta Api Indonesia saat ini, yaitu 1.763 unit kereta.